ACTION PIKIR HITUNG

By Muhammad Bahauddin Amin

Sore ini alhmdllah landing soeta dengan selamat.  Agenda bisnis kali ini rutenya agak panjang. Dari jakarta-bali-surabaya-makassar.  nunggu take off jadi kepikiran  soal materi kuliah WA TDA Kemarin bareng kang Ato.  Entreprenuer dan pembicara bisnis nasional. 

Temanya adalah APH (action-pikir-hitung) 

Dalam bisnis sering kali kita gagal action.  Kebanyakan pengusaha pemula malah mahir sekali dalam berhitung.  Saking jago hitung,  kadang2 bisa g mulai bisnisnya karena merasa bangkrut diatas kertas pas hitung2. 

Padahal,  formula yg paling sering berhasil di kalangan pengusaha yg ane kenal justru action nya duluan.  Hitung belakangan.  Gmn tuh? 

1. Action.  Klw ada peluang,  jangan biarin dia lewat saja.  Ingat pepatah “keberuntungan adalah saat orang siap ketemu peluang”  artinya peluang bisa j datang terus,  tapi klw orang nya g siap ya sama saja.  So selalu siap2 tabrak semua peluang. 

2. Pikir. Klw terlalu banyak mikir diawal,  biasanya malah nunda action. Padahal kita g tahu akan jadi apa peluang itu klw sudah dicicil action.  Bisa jadi terbuka peluang yg lain.  So klw sudah action,  yuk mikir. Dijamin pikiran saat sudah action jauh lebih jitu. Karena udah tanggung action,  udah tanggung mulai.  The power of kepepet. 

3. Hitung.  Selalu hitung resiko terbesar,  Jika sanggup terima resiko itu maka lanjutkan.  Jika tidak lebih baik mundur.  Sederhananya gini.

Mw bisnia laundry modal 50juta. Apa resiko terbesar?  Ya hilang tu 50juta. Berani ga?  Klw berani lanjut.  Klw ga turunin ke 20juta. Masih g berani?  Turunin ke 10. Ini agar kita tidak trauma g penting sama peluang.  Ingat rumusnya, makin kita ngeyel sama gagal,  makin gagal itu malu ketemu kita lagi.  

Bingung ya?  Saya harap gitu.  Biar pada nanya nantinya.  Wkwkwk

Sekian. #MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *