BACK TO SUNNAH

oleh: Muhammad BahauddIn Amin

Mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Pelita Harapan

 

Islam adalah agama dan juga sebagai panduan hidup. tidak hanya memiliki doktrin ketuhanan yang jelas tapi juga universal, juga mengatur segala aspek kehidupan. mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur. mulai dari jual beli, harta warisan sampai buang air kecil, semua diatur. tidak heran banyak dari ajaran didalamnya diadaptasi oleh teman2 yang nonmuslim.

beberapa orang akan berfikir bahwa begitu ribet islam. semua serba diatur. tapi klw kita perhatikan dan dalami, bahwa semua yang diatur ternyata membuat manusia tetap terjaga. selayaknya membeli mobil, anda butuh manual book dari pabrik untuk menjaga agar penggunaan mobil awet. manusia pun begitu, untuk bisa tahu bagaimana agar manusia bisa tetap sehat, kaya dan masuk surga (baca:iman), butuh manual book dari penciptanya langsung yaitu Qur’an.

Dalam sejarah kita akan temui fakta bahwa nabi Muhammad hanya pernah sakit 2x seumur hidupnya. sakitpun setelah diteliti ternyata bukan karena gangguan fisik tapi karena sihir. dari sini banyak ilmuan meneliti apa yang beliau lakukan sehingga bisa sesehat itu. mulai dari cara makan beliau, apa yang dimakan, posisi tidur, posisi makan, bahkan posisi buang air kecil.

Dari Aisyah RA

مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ النَّبِيَّ بَالَ قَئِمًا فَلاَ تُصًدِّقُّوْهُ

“Barangsiapa yang mengatakan pada kalian bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah buang air kecil sambil berdiri maka janganlah kalian membenarkannya (mempercayainya)”.

Nabi tidak pernah belajar medis, apalagi belajar ilmu anatomi. tapi darimana datangnya pengetahuan kandung kemih berada di lantai panggul bagian paling caudal (bawah) dari perut.

Di Swedia pria dilarang kencing berdiri sebab pemerintah memandang ada banyak keuntungan yang diperoleh bila pria kencing dengan cara duduk di toilet. Partai sosialis dan feminis di Swedia mengklaim bila pria duduk saat buang air kecil maka akan lebih higienis.

Hal itu dapat mengurangi genangan air dan dianggap dapat mengurangi risiko kanker prostat dan meningkatkan kualitas kehidupan seks pria. Berikut ini manfaat buang air kecil dengan jongkok bagi kesehatan pria:

1. Saat buang air kecil dengan posisi jongkok sempurna kandung kemih akan tertekan dan memicu keluarnya seluruh urin dari tubuh tanpa sisa. Kandung kemih yang kosong dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Untuk mengosongkan kandung kemih, saat buang air seni usahakan batuk-batuk kecil supaya kandung kemih lebih tertekan dan urin bisa keluar semua.

2. Biasanya saat buang air seni dengan posisi jongkok sering disertai dengan buang gas, dengan begitu Anda telah membuang metabolisme tubuh berupa air dan gas. Kondisi ini sangat jarang terjadi bila Anda kencing dengan posisi berdiri.

3. Buang air kecil dengan posisi berdiri tidak akan menekan kandung kemih sehingga masih ada urin yang tertinggal dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat meinmbulkan berbagai macam penyakit akibat masih tertinggalnya sisa metabolisme tubuh. Makin banyak urin yang tersimpan dalama tubuh maka makin meningkat pula risiko terkena batu kandung kemih.

sebagai penutup, ijinkan saya menyarankan sesuatu. kembalilah ke sunnah, inshallah sehat. tubuh kita didesing oleh arsitek terhebat, hanya DIA yang tahu bagaimana cara agar tubuh kita tetap sehat. mengembalikan prilaku kita kepada sunnahnya artinya menjaga penggunaan tubuh kita bisa lebih panjang. ibarat mesin, kita bisa menggunakannya jangka panjang dengan perawatan yang tepat.

disunnahkan juga ber-dehem2 kecil saat pipis agar semua sisa2 urin keluar.kenapa?

Seketika teringat penjelasan dokter benhard (yang sangat kami cintai) dosen kelas anatomy FK-UPH, menjelaskan bahwa otot diperut Allah buat hingga 3 lapis dengan arah serat yang berbeda. dan hanya ada diperut. kenapa? karena tekanan internal udara di cavum abdomen (rongga perut) sangat tinggi. dan tekanan itu berlipat kali menjadi lebih tinggi ketika seseorang batuk. itu sebabnya otot perut didesign dengan sengaja berlapis2 dan dengan arah serat saling menyilang. sungguh design yang penuh perhitungan. subhanallah!!

jadi apa faedah pipis sambil dehem? anda bisa jawab sendiri lha

saya sendiri tidak kompeten melakukan penelitian untuk hal ini, rujukan aslinya bisa kunjungan ke http://doktersehat.com. untuk indonesia, portal ini cukup terpercaya dengan team dokter yang handal. Sejak per tanggal 22 October 2010, DokterSehat.com dengan bangga telah menjalin official kerjasama dengan organisasi kesehatan internasional FlyFreeForHealth dan Team Sexxietv yang dipimpin oleh Dr Wei Siang Yu (Dr. Love – Singapore) dalam hal penyediaan artikel dan konsultasi kesehatan secara live chat dengan gratis.

Berikut adalah para dokter dan ahli kesehatan dari Health+Sense yang membantu DokterSehat.com dalam kerjasama ini

Dr Ian Yeo (Consultant di Singapore National Eye Centre)

Dr Bernard Lee (Direktur Interventional Pain Management Services, Singapore Pain Care Center, Singapura)

Wallahu a’lamu bih. 

#BackToSunnah

#MBApapua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *