BOLEH BANGKRUT, ASAL BERKAH

ditulis oleh Muhammad Bahauddin Amin

Kali ini saya coba sharing tips ketika partner bisnis anda “menipu” anda.

Tulisan kali ini adalah murni pengalaman saya sebagai pengusaha 10 tahun ini. bertemu dengan rekanan yang agar “eror” itu sudah pasti akan ada. hikmahnya dulu kita ambil. ini adalah cara allah melatih insting dan kesabaran kita. right?

pengalaman berkali2 bangkrut membuat saya ambil kesimpulan. “ketika bangkrut atau ditipu orang, pastikan tetap berkah” boleh miskin sesaat, tapi harus tetap berkah. 

lha gmn caranya? nah 3 langkah ini mudah2an bisa bantu:

1. Tabayyun. selalu utamakan data daripda asumsi tidak penting kamu. klw bersliweran kabar2 buruk soal rekan kamu, jangan langsung percaya. jika kamu merasa penting, maka segera cari tahu. klw perlu ke orangnya langsung. ingat ya menggunakan kalimat klarifikasi, bukannya kalimat menuduh.

bedakan antara “kamu lihat pena saya?” dengan “saya butuh bantuan untuk mencari pena saya”

kalimat pertama bisa jadi akan membuat orang lain merasa dituduh. kalimat kedua membuat orang lain nyaman membantu. tapi tenang, akan kelihatan kok klw dia bohong. intinya adalah klarifikasi dahulu, baru kemudian bertindak. ini ciri pengusaha papan atas 🙂

2. Tagih HAK kamu. selain untuk menyelamatkan aset kamu, langkah ini juga untuk menyelamatkan dia dari dosa yang lebih besar. kamu juga jadi selamat dari berhutang ke orang lain karena aset yang masih bisa balik itu, kamu gunakan untuk tutup hutang. ingat selalu ya. agar bengkrut tetap berkah, lunasi semua kewajiban kamu dengan suplier terlebih dahulu wlw harus jual sisa aset yang ada. tidak jarang pasca bangkrut2 kami, saya dan istri justru sedekahkan aset2 yang masih ada. biar makin miskin. ups salah…maksudnya biar bangkrut makin berkah. haha..

3. Sabar. jika sampai batas ikhtiar kamu untuk perjuangkan HAK kamu. tapi ternyata dia tetap ingkar, hilang jejak, dll, saran saya, bersabar. “in ahsantum ahsantum liangfusikum…” QS 17:7.

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri…”

sabar membuat rejeki kita makin dekat. udah saya rasain. trust me. it works 🙂

ketika kita bekerja melebihi bayaran yang seharusnya, yakin allah akan bayar kekurangan itu bisa dengan uang/sehat/jodoh/bahagia dll. tapi sebaliknya klw kita mengambil yang bukan hak kita maka allah juga akan ambil sesuatu dari kita. bisa uang/bisa keluarga sakit/jodoh tambah jauh atau rejeki makin sulit atau bangkrut sekalian.

akhir kata teman2, kita boleh dizalimi orang. pastikan saja bukan kita yang menzalimi orang. titik. sepakat??

penjelasan video tema ini sudah akan ada di channel youtube saya besok. terpenting dari semua ini adalah evaluasi. segera perbaiki skema bisnis kamu, dan action lagi. jangan pernah takut takut bangkrut. bangkrut itu asik kok, asal berkah hahaha…

semoga bermanfaat. MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *