PINTU DARURAT KELUAR DARI PINJAMAN ONLINE

By Muhammad Bahauddin Amin

Lagi ramai neh, udah pada tahu kan? ini rentenir modern berbasis aplikasi. kita nggak bahas RIBAnya ya. udah jelas soalnya haha

Pinjam 1 juta, modal cuma KTP. cair dalam 5 menit. langsung masuk ke rekening anda tapi hanya 600ribu. lalu limit anda hanya 7 hari kedepan untuk membayar tagihan menjadi 1,1 juta. keren kan?  artinya bunganya hampir 50%. kenapa hanya terima 600rb? katanya dipotong biaya admin….aneh

yang bikin resah adalah, target dan goals mereka ternyata sangat terukur dan merusak. target market mereka adalah keluarga kelas menengah kebawah. goals mereka adalah memperdaya ketakutan orang untuk dapat untung gede. kita bahas satu-satu ya sebelum bahas tips pintu keluarnya. 

pertama adalah soal target. sasaran mereka adalah keluarga kelas menengah kebawah. kenapa? karena mereka ini kelompok yang ditaksir butuh duit dan berpenghasilan kurang, jadi mudah diiming iming. mereka ini juga rata-rata kurang skill dalam mengelola keuangan. jadi bisa jadi pinjaman ini hanya untuk konsumtif, nggak semua lho ya. tapi sebagian mungkin begitu. karena unskill soal keuangan, mereka juga biasanya akan lebih mudah mengambil tambahan hutang untuk membayar hutang. istilahnya gali lubang tutup lubang. akhirnya ini hanya akan menguntungkan perusahaan fintech ini. karena anda akan ambil lagi dari aplikasi lain untuk bayar hutang di aplikasi pertama. padahal bisa jadi kedua aplikasi itu sama-sama satu atap wkwkwkwk..jebakan batman kan.  

kedua, goalsnya mereka memang untuk mendapatkan keuntungan segede gedenya. caranya adalah dengan 2 trik. memudahkan proses peminjaman dan kedua meneror untuk membayar bunga tinggi. jangan anggap remeh soal teror meneror. karena mereka jagonya. mereka akan meneror semua kontak di hape anda. bagaimana caranya? karena ini aplikasi di smartphone, tentunya bisa dengan mudah mengambil data-data kita dengan mudah. bahkan chat andapun bisa mereka sadap. jadi memanfaatkan ketakukan nasabah untuk membayar itu menjadi sangat mengutungkan.bahkan ada cerita yang ditagih hutang malah selingkuhan nasabah dan diancam akan dilaporkan jika tidak membayar. masih mau coba?

pinjaman online ini rata-rata tidak punya alamat jelas. tidak ada kantor, badan hukum pun nggak jelas. parahnya yang ilegal lebih banyak daripada yang legal dan terdaftar di OJK. akumulasi jumlah fintech ilegal yang telah Satgas Waspada Investasi hentikan adalah sebanyak 803 entitas.

Secara rinci, gabungan 13 kementerian dan lembaga ini telah menghentikan 404 entitas pada tahun 2018 dan 399 entitas pada Januari hingga Maret 2019. yang legal jelas ada kantor, punya prosedur kerja yang manusiawi dan terdaftar di OJK sebut saja KREDIVO. 

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing mengatakan, temuan ini berdasarkan pemeriksaan pada website dan aplikasi pada Google Playstore.

OK kita bahas tipsnya ya. exit door dari rentenir ini.

1. Bayar hutang anda segera. tepat waktu dan jangan pernah nambah lagi. bunga nya terus berjalan dan gede. artinya kalau anda telat, bahkan pokoknya pun mungkin tidak akan pernah bisa beres karena bunganya selalu beranak. jika anda lunas pun, anda akan di iming iming supaya tergiur ambil lagi. lunasi segera dan jangan pernah ambil lagi. jika anda pinjam sejuta, anda hanya dapat 600rb. dan anda harus bayar 1,1juta seminggu lagi. lalu jika telat dendanya rata-rata 70rb perhari. kalau anda telat 30 hari maka hutang anda menjadi 3,2 juta dalam sebulan saja. 

2. Kalau nggak bisa bayar gimana? ya sudah. jangan bayar. beres. cuekin semua pesan mereka yang masuk ke hape kamu. jangan pernah membalas atau merespon. dan jangan pernah bayar sampai anda bisa menghubungi perusahaan penyedia pinjaman online ini. karena jika anda bayar, itu hanya bunganya saja dan tetap dihitung hangus. karena pokoknya anda tetap abu-abu  kapan beresnya. jadi saran saya cuekin dan jangan membayar

3. Jika anda sudah bisa menghubungi perusahaan itu, minta ketemuan. dan sampaikan bahwa anda punya itikad baik. jadi minta ketemu. rata-rata mereka akan menolak karena memang mereka pengecut. jika ternyata mereka mau ketemu, minta ketemu di kantor polisi. aman kan? secara perdatapun kalau sampai ke pengadilan anda tetap menang bahkan hutang mungkin dihapus karena pelanggaran batas bunga dan tindak pidana dari ancaman yang ada. yang ilegal nggak akan mau ketemu. mereka hanya berani via telepon. ingat ya, kalau ada ancaman, maka itu pidana. lawan!

4. Negosiasi dan tegas sampaikan anda hanya mau bayar pokoknya saja. anda hutang 1 juta, anda ditagih 3 juta. tegas bahwa anda hanya mau bayar 1 juta saja. tidak mau terima 1 juta maka sekalian tidak bayar apa-apa. dalam situasi ini. mereka akhirnya akan mengalah. jika ada duitnya, segera bayar segera atau negosiasi tenggang waktu bayarnya. selama tenggang waktu tidak ada bunga. titik. 

dan minta mereka ttd surat untuk tidak lagi menagih, menghubungi anda dan menghubungi teman-teman anda. 

5. jangan pernah ambil pinjaman online ditempat lain supaya bisa membayar pinjaman online pertama. ini salah besar. lebih baik punya 1 tagihan macet daripada anda punya dua tagihan macet. bunuh diri namanya. biar saja dia berisik nagih, yang penting hanya satu rentenir. jangan nambah masalah lagi. karena yang terjadi nanti adalah data anda makin tersebar di mereka.  

6. Segera hubungi semua kontak yang ada dihape anda. isi pulsa anda dan broadcast segera. formatnya silahkan copy paste kalimat dibawah ini

“assalamu’alaikum. saya Yudi. saat ini saya sedang mengahadapi masalah dengan pinjaman online. saya sedang proses penyelesaian. mohon abaikan pesan yang masuk ke handphone anda jika ada yang menyinggung soal ini”

ini penting ya. karena ini waktunya anda meresapi kesalahan dengan banyak ambil hikmah. tekan gengsi dan malu anda. ikhlaskan saja. tidak perlu stress apalagi bunuh diri seperti kasus supir di tangerang yang heboh kemarin karena tidak bisa membayar pinjaman online. teman teman yang dapat sms anda akan lebih menghargai anda karena anda mengakui kesalahan daripada nama anda terlanjur jelek karena teman-teman anda terus terusan diganggu sama rentenir. bisa bisa teman teman anda malah ikutan benci sama anda nantinya. 

7. jika anda tidak bayarpun, mereka tidak akan mencari anda. jadi tenang saja. kantornya saja nggak jelas. hanya memang nama baik anda jadi jelek. karena mereka punya cukup data dari hape anda. kecuali dari awal anda pinjam duitnya pakai hape baru yang ga ada daftar kontak. yah mungkin aman sih. lalu balas pesan mereka dengan kalimat pendek 

“mulai harini saya berhenti bayar”

ketika dibalas dengan makian, cuekin saja. ingat ya, jangan pernah pinjam lagi dan lupakan. jikapun anda mau bayar, pastikan ikuti poin nomor 4. teror akan berhenti saat anda bilang tidak akan bayar. karena mereka itu neror karena ingin anda bayar. anda bayarpun anda tetap akan diteror. 

8. anda yang tidak merasa meminjam, tapi di teror sama rentenir online ini dengan menyuruh anda menagih orang silahkan balas dengan kalimat ini !

“silahkan tagih sendiri! 

bukan urusan saya!”

nonton juga wawancara hotman paris di link bawah ini. biar lebih asik

BTW ini bukan curhat ya. alhamdulillah tidak pernah terlibat urusan begini. hutang RIBA saya beres dengan izin ALLAH 2 tahun lalu di 3 bank dan beberapa investor dan alhamdulillah udah insyaf.  

ini hanya keresahan karena beberapa kenalan saya di terjebak disini dan kebanyakan mereka adalah dengan pekerjaan OB atau sekuriti. ini miris.. sebagian skript ditulisan ini juga saya tulis ulang dari wawancara channel youtube Roy sakti pakar kartu kredit yang juga gusar sama pinjaman online. dalam banyak hal saya bersebrangan dengan beliau, salah satunya penggunaan kartu kredit. tapi khusus satu issue ini, saya sepakat dengan beliau. 

#MBApapua

#pinjol

#pinjamanonline

#ngeRIBAnget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *