PRODUKTIF ARTINYA TIDAK LEMBUR

By Muhammad Bahauddin Amin

master of trantition adalah kemampuan seseorang untuk fokus pada satu hal tanpa membawa sampah pikiran masa lalu (residual atention). jika anda pulang kerja dan tiba dirumah, sebelum membuka pintu dan masuk kedalam rumah katakan dalam hati bahwa “saya sudah meninggalkan semua urusan kantor yang belum selesai dikantor dan akan saya lanjutkan besok. sekarang saya siap untuk melayani keluarga saya dengan fokus dan bersemangat”

jika ini anda berhasil lakukan, maka keluarga anda akan mendapatkan 100% anda. bukannya membawa masalah kantor kerumah dan memarahi seisi rumah. ketika anda selesai satu pekerjaan, kerjakanlah satu pekerjaan lainnya segera (QS 94:7). 

Lembur tanda anda tidak produktif. jika anda benar-benar menguasai master of trantition ini maka kemungkinan pekerjaan anda selalu selesai tepat waktu tanpa gangguan ngobrol, medsos, menunda, melamun, tidak bertumbuh, apalagi ketiduran. 

tidur yang baik adalah 6 – 7,5 jam sehari. jika dikurangi, maka anda berhutang pada tubuh dan tubuh akan menagih tidur saat jam kerja anda. akibatnya anda akan lembur lagi karena pekerjaan tidak selesai tepat waktu. ini adalah lingkaran setan yang tanpa anda sadari membentuk anda 10 tahun lalu dan akhirnya menjadi anda harini. 

jika anda bertanya kenapa hidup saya begini begini saja?

mungkin jawabannya adalah karena anda mudah teralihkan. lembur membuat ibadah anda kurang, waktu dengan keluarga kurang, waktu olahraga anda kurang dan waktu istirahat anda kurang. 

#MBApapua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *