IPHONE TERBARU

By Muhammad Bahauddin Amin

Pernah tahu nama Bill Gates? beliau adalah pendiri microsoft. meski posisi beliau sebagai orang terkaya didunia sudah digeser baru-baru ini oleh pendiri amazon Jeff Bezos, tapi beliau pernah menjadi manusia terkaya didunia versi majalah FORBES 400 selama 24 tahun berturut turut.

menurut majalah Forbes, Bill Gates adalah orang paling dermawan di Amerika Serikat dengan nilai sedekah setara Rp 545,1 Triliun. dengan istrinya beliau senang berkeliling dunia dalam rangka menumpas kemiskinan. tahukah teman-teman handphone apa yang digunakan si doi? dalam sebuah wawancara exclusive di FOX news, beliau membantah menggunakan Iphone. tapi menggunakan handphone android. meski tidak disebutkan merk, kita sepakat bahwa handphone android harganya dibawah iphone dan cenderung murah. kalau kita asumsi si DOI menggunakan samsung, maka budget handphone beliau mungkin ada di kisaran 8-9 jutaan. padahal harta udah nggak kehitung, dan sedekah udah amit amit gedenya.. bahkan anaknya sendiri dilarang menggunakan dan memiliki handphone pribadi hingga berusia 14 tahun. meskipun sudah diberikan, penggunaanya tetap diawasi dengan ketat oleh bill gates. juga melarang 3 anaknya itu membawa handphone saat makan malam. juga tidak menggunakannya sebelum tidur. salah satu alasannya adalah untuk menjaga kualitas tidur. ungkap gates dalam salah satu wawancara dengan “the mirror”. 

anak-anak amerika rata-rata diberikan ponsel usia 10 tahun. sedangkan anak-anak gates diberi lebih telat, saat usia 14 tahun. bagaimana anak-anak indonesia?

Warren buffet berpesan “jika anda beli barang yang tidak anda butuhkan, maka segera anda akan jualin barang yang anda butuhkan”. maksud sederhananya gini ya. kalau tiap punya uang kita pakai beli barang yang hanya sekedar kita ingin, naikin gengsi, ikut-ikutan, keren-kerenan, maka kita akan jatuh miskin atau jadi miskin atau memang udah mental miskin dari sononya. jangan protes ya kesaya ya. ini yang ngomong warren buffet, bukan saya. protesnya ke beliau saja. 

btw siapa warren buffet? beliau adalah milyader paling dermawan kedua setelah Bill Gates di US. beliau adalah pakar investor yang menjadi guru bagi ratusan juta manusia di dunia tentang pentingnya berbelanja dengan bijak, dan pentingnya investasi. usianya baru 88 tahun dan sedekahnya senilai Rp 536 triliun. meski kakek Warren ini adalah investor kuat juga di Iphone, beliau justru menggunakan handphone samsung SCH-U320 yang kalau kita cek di ebay harganya kisaran USD 30 alias Rp 400ribuan dikutip dalam sesi wawancara acara “Hands Up for Success” dikutip dari CNBC, Jumat (29/3/2019). 

Bukan karena beliau gagap teknologi ya, tapi sekali lagi karena beliau hanya membeli barang yang dibutuhkan. bukan yang diinginkan. masalah pintar, doi pintar banget, masalah tekno, beliau paham banget. secara beliau masih aktif menjadi investor dan guru investor di era tekno saat ini. 

kenal Mark zuckerberg? pepmuda terkaya didunia pendiri Facebook sehari-hari menggunakan mobil honda jazz. hanya memiliki satu warna baju, suka sedekah, pernikahannya hanya dihadiri 100 orang dengan acara sederhana dihalaman rumahnya, rumah sederhana dengan 5 kamar, pengguna handphone samsung android. 

lantas apa nggak boleh beli HP mahal?tentu boleh. kapan?

kata guru saya Tung Desem Waringin, anda bisa bersenang-senang/ foya2 dari 10-20% passive income anda. ingat ya passive income, buka active income. apa bedanya? passive income adalah pemasukan yang datang dari system, bukan dari tenaga anda. jadi walaupun anda tidur, pemasukan tetap ada. kalau active income adalah penghasilan dari pekerjaan anda. misal anda direktur pakai MBW setiap hari. ketika anda pensiun, BMW nya juga ganti jadi sepeda mini. nah ini namanya active income. so anda boleh bersenang-senang kalau udah punya passive income tadi. 

So, dari semua kisah ini. mari kita ambil kesimpulan. 

1. hanya beli barang yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. butuh itu terukur, ingin tidak terukur dan tidak ada puasnya. belajar bijak dengan uang anda. 

2. orang yang kaya beneran ternyata ga suka norak, pamer apalagi boros. mereka justru sederhana dan doyan sedekah

3. orang yang mentalnya miskin justru yang ingin terlihat kaya. kalau ga mampu beli bahkan memaksakan diri kredit. 

boleh tidak setuju. pilihan ditangan anda, tiap tindakan ada resiko. bahaya membeli barang karena ingin bukan hanya ke neraca keuangan anda, tapi juga mengancam believe system anda. 

#MBApapua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *