“Bisnismu itu Nggak Bagus, Tutup saja!” 

By Muhammad Bahauddin Amin

Jangan langsung percaya jika ada yg bilang,  “bisnis itu Trgantung produknya,  klw bisnis mu produknya g bagus,  bisa jadi kamu cuma  buang2 waktu”

Kita coba bahas mulai dari idealnya dulu ya .  Sejak 2010 ditiap kelas  saya, kita selalu bahas modal utama bisnis itu kurang lebih:

1. Team

2. Ide berbasis need

3. Penawaran (marketing) 

4. Uang. 

5. Launching 

Bagi yg sudah sering dengerin  saya cuap cuap di seminar atau RRIpro2 soal Team, mungkin udah hafal kalimat saya “Team selalu lebih penting  dari ide, Krn klw teamnya  beda lagi,  ide bisa jadi lebih baik”  Apalagi kalau team isinya Orang orang hebat.  Mungkin ide awal nggak dipakai lagi Karena ide yg lebih bagus akan muncul.  

Soal  ide,  ide bisnis yg menurut kita bagus belum tentu menurut pasar bagus.  jadi jangan pakai persepsi kita,  jangan ngeyel kalau ternyata pasar nggak butuh produk kita.  Memang ada yg namanya edukasi pasar,  Tp kalau kita bisa sediakan yg benar benar dibutuhkan tanpa harus edukasi,  kita bisa hemat banyak energi. 

Lalu soal penawaran.  Selalu saya sampaikan penawaran terbaik adalah produk itu sendiri.  produk yg sama kalau cara jualannya beda,  hasil bisa beda.  

Terakhir adalah soal uang. Dari pengalaman saya,  modal bisnis tidak jadi kendala. Itu sebabnya uang urutannya akhir. Karena jika idenya bagus,  dipersentasikan dengan baik,  maka banyak yg mau biayain.

Alhmdllah semua bisnis saya dari awal semester 5 sampai akhir 2015 semuanya dana investor. Mulai dari yg 7jt/orang Sampai 200jt/orang. Walau tidak semua untung,  sampaikan diawal.  Kita komitmen kembalikan. hingga 2016 saya hijrah. no bank, no investor, murni kelola dana sendiri saja. 

tapi Investor memberikan hikmah yaitu: komitmen,  anda dipercaya, dan team work.  

Percayalah,  kalau anda berbisnis tapi belum pernah ada yg Nitip duit ke anda untuk bisnis,  anda belum lulus jadi pengusaha.  Sory,  tp mungkin kudu diuji lagi kepercayaan orang ma kamu.  

Tapi fakta dunia tidak selamanya seideal dan seindah yg selalu saya ajarkan dikelas.  Pernah baca sejarah Hendry ford?  Mobil pertamanya keluar dari garasi yg kemudian dihina orang orang sekitar, mereka gagal paham.  Bahwa dimasa depan mereka butuh.  Dan Ford bekerja sendiri pada saat awal itu.  Artinya Ford tidak butuh team, idenya egois,  tidak peduli  dengan need market.  Tapi coba jawab saya,  belahan dunia mana yg tidak punya mobil saat ini??  Berkat Ford motor company 1903. ini salah satu bukti bahwa bisnis itu flexible. 

Begitupun dengan Mark pendiri Facebook. Aplikasinya pertama kali hanya di gunakan dilingkungan kampus.  Banyak yg menghiraukan,  investor sulit saat itu.   Tapi jawab saya,  apa aplikasi termahal Didunia saat ini? Kalau bukan facebook yg launching 2004 silam.  Bendanya tidak ada.  Hanya program!!!  Tapi menjadikannya pemuda terkaya di planet ini skrng. 

Artinya bisnis tidak saklek seperti yang kita selalu pikirkan.  Seringkali bisnis harus langgar aturan baku yg saya ajarkan.  Seringkali hanya cocok untuk orang Brutal,  bandel /keras kepala. kendati demikian, anda tetap harus punya ilmunya, sehingga jikapun harus mengambil langkah penyesuaian anda tetap berada didalam jalur. 

2013 silam saya dan RRIPRO2 Jayapura dalam program mingguan kami, kami membedah BUKU “good to great” karangan Jims Collins.    Ini adalah buku terbaik dunia versi asosiasi management amerika yg saya kutip bahasannya secara bebas dari guru saya tung Desem waringin.  

Buku ini meneliti 1.435 perusahaan sejak 1965-1995 ditemukan hanya ada 11 perusahaan yg pertumbuhannya minimal 3x lipat dibanding pertumbuhan market selama 15 tahun berturut turut. 

Sebagai perbandingan, invest diperusahaan ini 1 USD Ditahun 1965 akan menjadi 471 USD Ditahun 2000. Naik 471x lipat sedang rata rata market hanya naik 56x lipat. Bahkan Microsoft sekalipun tidak masuk daftar 11 perusahaan tersebut.  

Peringkat ke4 dunia dipegang oleh GILETTE. Tahukah anda Gillete perusahaan apa? Gillette merupakan sebuah merek kosmetik yang diproduksi oleh Procter & Gamble. Merek ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1895. Produk yang dihasilkan oleh Gillette antara lain pisau silet. Silet yg kita anggap remeh itu Ternyata perusahaan yg terbukti stabil 15 tahun berturut turut.  Pertumbuhannya 3x lipat melebihi pertumbuhan pasar. Gilaaaaaa!!!!!!

Kesimpulan guys,  g peduli apa ide kamu.  G peduli apa bisnismu sekarang.  Pastikan dua hal saja:

1. Halal

2. Kamu orang gila.  

Gila dalam arti,  kamu bandel untuk urusan bangkrut.  G peduli jika orang tertawa,  g peduli jika orang remehin.  G peduli jika saat ini masih gagal.  Boleh Ubah ide segera jika memang Butuh. Tapi ingat,  kegilaan harus Tetap ada. Ide boleh sederhana,  tp semangat harus gede, gila..

Saya dengan istri juga tidak akan sangka awalnya,  jualan naskun dipinggir jalan, lalu bangkrut 2x tutup,  lalu berubah jadi fastfood,  bisa jadi franchise  Papua yg dibeli sampai ke bandung dan kerjasama garuda di akhir 2015 lalu.  Cuma Nasi kuning guys??!?! Ini youtubenya https://goo.gl/KLlPux

Pernah tahu penemu kancing?  Mw remehkan  benda ini? Ide sederhana ini dipakai sejak 4000 tahun lalu sampai harini. Jika ada yg pegang royaltinya,  mungkin milyader sekarang.  

Tidak ada ide yg sederhana,  yg ada semangat Kita yg kurang. 

Jika mimpi bisnismu tidak ditertawakan orang lain,  artinya mimpi kamu masih biasa saja.  Mimpi itu gratis.  Ngapain mimpi kecil?  Mimpi yang besar, walau orang tertawa, Setelah itu kamu kerja yg gila.  Sampai kamu kaya,  sukses dan mampu beli mulut mereka yg dulu remehin dan hina kamu.  Haha.. Just kidding. 

Wlw Belakangan baru saya rada ngerti dan berubah haluan bisnis.  Bebas riba (semua bisnis riba ditutup) dan bisnis yang nggak egois ke perut sendiri. Artinya sekali bikin bisnis,  usahakan nggak hanya Bs bikin kamu menang,  Tp juga bantu ribuan orang lain bisa menang juga 

Malah ada program yg sengaja memang kami design gratis seperti ini https://youtu.be/e3y6SBlJZvo 

Kalau ada yg bilang kaya g dibawa mati,  so kaya dan bisnis g penting.  Orang ini harus segera insaf.  Mobil mewah dipakai untuk kebaikan jadi amal.. Hape mahal dipakai untuk nasehat dan dakwah,  jadi amal juga. Lagian mana lebih ikhlas,  orang kaya nyumbang atau simiskin??  

So kata sapa harta nggak bikin kamu dekat ma surga?  Nabi  itu kaya.  Bahkan sampai pada level pasive income usia 25th. 15 tahun sebelum nubuwah.  Jadi klw ada anak muda muslim nggak kaya,  kudu ditanya nabinya sapa.  Teladannya sapa.  Udah g usah bantah,  telan saja.  Fakta!!!! 

Akhir kata,  ide apapun mulai saja.  nggak usah Terlalu banyak mikir. Habis baca ini jadi semangat ya syukur,  tersinggung ya segera insaf.  Tersinggung g bikin kaya,  Beneran!!! 

Salam gila dari saya,

#MBA

NB: Share jika menurutmu tulisan gila ini bikin kamu semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *